Thursday, May 9, 2013

Pasaridea Situs Informasi UMKM

Pasaridea.com situs informasi UMKM telah hadir mulai 8 Mei 2013. Situs ini memuat direktori UMKM, Informasi UMKM, Inkubator bisnis, Kewirausahaan, Pelatihan Bisnis Online, Pemasaran serta Strategi UMKM.

Kehadiran pasaridea.com ini semoga memberikan manfaat untuk perkembangan bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Semoga.

Jangan lupa kunjungi artikel: Ultrabook Terbaru dan Iconia PC Tablet

Monday, May 6, 2013

Tulisan Baru Sila dibaca

Ada tulisan terbaru di blog nanangsuryadi.com, berjudul: Ultrabook Terbaru sila dikunjungi. Selain itu jangan lupa kunjungi artikel keren ini: Iconia PC Tablet dengan Windows 8. Oke sip ya :)

Saturday, May 4, 2013

Page Rank Update Mei 2013?

Dari hasil menelusuri beberapa situs saya menemukan informasi bahwa page rank update akan dilakukan pada bulan Mei 2013. Saya mencoba melihat dengan menggunakan alat prediksi pagerank yang tersedia banyak di internet, beberapa blog saya katanya akan naik pageranknya. Kita tunggu saja, apakah betul ada kenaikan. Menurut tool prediksi pagerank tadi, blog ini akan mendapatkan pagerank 3. Lumayan. Sekarang pagerank blog ini masih 2. Sangat mungkin kalau naik ya jadi pagerank 3. Tapi siapa tahu bisa naik pagerank 7. Hahaha. Mimpi kali ye...

Tapi sebenarnya buat saya, pagerank ini hanya sekedar hiburan saja, senang kalau pageranknya tinggi. Katanya sih kalau pageranknya tinggi akan diprioritaskan google dalam hasil pencarian. Ada benarnya juga memang, beberapa situs yang memiliki pagerank tinggi seringkali muncul di halaman satu dengan keywords tertentu, dan sukar digoyahkan. Tapi ada juga situs yang tidak memiliki pagerank dengan keywords tertentu malah bertengger juga di halaman satu google. Jadi kalau mau, sebenarnya kita bisa mencari keywords yang tidak populer, sehingga kita bisa masuk ke halaman satu google dengan keywords tersebut. Seringkali pengguna internet juga cara mencari informasi di internet dengan keywords yang mengejutkan, sesuatu yang seringkali mungkin bisa dianggap lucu. Coba anda bayangkan jika mencari di internet kalimat atau frasa apa yang akan anda tulis? Seringkali bukan satu kata, tapi banyak kata. Bahkan mungkin berupa pertanyaan. Seperti judul tulisan ini: Page Rank Update Mei 2013? :)

Di tengah kontes "Iconia PC Tablet dengan Windows 8" saat ini, sambil update blog sekaligus memnbacklink artikel http://pemasar.blogspot.com/2013/04/iconia-pc-tablet-dengan-windows-8.html yang dalam beberapa hari sudah masuk 100 besar di halaman pencarian google. Tapi belum bisa masuk ke halaman satu google.co.id. Semoga besok saat penilaian sudah bisa masuk halaman satu google.co.id agar dapat point dari SEO-nya.

Jika besok atau lusa memang betul ada page rank google update, anda ingin page rank berapa? Ayo kita buktikan harapan anda itu. :)


Do Follow dan No Follow Link

Sampai saat ini saya jarang, bahkan mungkin tidak pernah menggunakan rel=nofollow saat membuat link ke sebuah situs atau artikel di situs lain. Saya malah menyediakan direktori khusus link untuk teman-teman saya, dan semuanya tidak ada yang no follow.

Jika membaca artikel-artikel tentang masalah do follow dan no follow ini, yang seringkali berkaitan dengan masalah Search Engine Optimization dan Page Rank oleh googgle, maka seringkali disarankan untuk membuat rel=nofollow jika membuat link ke luar, karena jika tidak akan membuat pagerank akan menurun. Tapi coba kita cermati blog dari matt cutts sendiri (gunakan klik kanan lihat sumber pada artikel) maka tidak akan anda temukan link yang diberikan no follow oleh matt cuts, kecuali pada kolom komentar, dimana matt cutts memberlakukan no follow otomatis untuk link yang tercantum pada pemberi komentar, sama seperti juga diberlakukan di blogger standar.

Sebagai contoh tokoh yang berpengaruh di google dalam membuat link jarang bahkan tidak pernah memberikan rel nofollow, mengapa para webmaster takut untuk memberikan link tanpa embel-embel no follow. Memberikan link tanpa embel-embel no follow merupakan penghormatan kepada sebuah situs atau artikel yang menurut penulis bagus dan layak diapresiasi oleh orang banyak, juga oleh google. Jika google memberikan page rank yang bagus bagi artikel tersebut atau situsnya, maka berarti kita ikut memberi kontribusi. Saya kira kita jangan terlalu pelit untuk memberikan link tanpa embel-embel no follow.


Pasaridea SEO Lab

Pasaridea.id1945.com sebuah situs untuk percobaan dengan menggunakan drupal, beberapa waktu lalu sudah saya buat. Memang untuk belajar membuat sebuah website kita harus banyak belajar langsung. Dengan praktek langsung online akan memudahkan mempelajari. Banyak sekali faslitas gratis di internet yang bisa kita manfaatkan untuk belajar. Sebuah situs lain yang juga saya buat dengan format social bookmark yang dofollow, yaitu: nanangsuryadi.16mb.com

Blog Pasaridea.id1945.com belum memiliki pagerank, karena baru beberapa hari saya buat. Sedangkan nanangsuryadi.16mb.com sudah memiliki pagerank 2. Silakan bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi bisa memanfaatkan dua situs tadi. Sambil saling belajar tentang pemasaran internet. :)

O ya, sampai saat ini, setelah 6 hari saya posting artikel Iconia PC Tablet dengan Windows 8 sekarang sduah mulai masuk ke halaman 4  pada google dengan alamat 173.194.69.94/id. Sila cek posisi artikel anda menggunakan alamat tersebut, karena penjurian lomba menggunakan alamat tersebut.

Ok, selintas kabar dari saya. Semoga bermanfaat.

Domain Authority

Saat sedang mempelajari tentang pagerank google, saya menemukan satu istilah "domain authority." Ternyata selain page rank google dan alexa rank ada juga ranking lain, yaitu: "domain authority." Istilah "domain authority" ini dibuat oleh SEOMOZ. Mereka mengatakan:
Domain Authority represents SEOmoz's best prediction about how a website will perform in search engine rankings. Use Domain Authority when comparing one site to another or tracking the “strength” of your website over time. (sumber: http://www.seomoz.org/learn-seo/domain-authority
Score domain authority antara 0 hingga 100.  Jika kita ingin mengetahui domain authoriy dari situs kita bisa dilihat dengan menggunakan Open Site Explorer atau  MozBar,

Lalu bagaimana cara agar situs kita memiliki domain authority yang bagus? Backlink yang berkualitas dari situs terpercaya, umur situs dan jumlah artikel dalam situs akan banyak mempengaruhi domain authority ini. Nah, ada satu lagi istilah yang perlu diketahui "page authority", yaitu satu halaman posting (artikel). Hampir sama dengan domain authority, jika domain authority berbicara tentang keseluruhan domain, maka "page authority" hanya satu halaman saja. Jika anda cek domain authority pada pemasar.blogspot.com ini, maka anda akan temukan "domain authority"-nya tinggi? Mengapa demikian? Karena domainnya adalah: blogspot.com sendiri. Sedangkan jika "page authority" per-artikel akan berbeda-beda.

Demikianlah sekilas tentang domain authority. Semoga bermanfaat.

Marketing Corner

Blog saya Marketing Corner pernah mendapatkan Pagerank 6, tapi tiba-tiba saja menjadi N/A. Mungkin ada semacam koreksi dari google karena ada kesalahan penghitungan dalam algoritmanya. Atau mungkin juga terkena panda atau penguin, saya tidak tahu. Saat ini saya menunggu update page rank google untuk mengetahui apakah N/A untuk blog Marketing Corner akan terus berlanjut. Hehehe. Cuma penasaran aja kok.

Bagi teman-teman yang pernah menggunakan SEOquake untuk melihat google pagerank dan alexa rank sekaligus mungkin akan tahu bahwa ternyata banyak juga blog yang N/A dan tetap tampil di halaman satu google bahkan di peringkat satu. Artinya N/A itu bukan pagerank 0 (nol) pagerank terendah, dan masih tetap memiliki power untuk tampil di mesin pencari google dengan gagah.

Hanya saja saya masih tetap penasaran dengan N/A pada blog Marketing Corner tersebut. Ada yang bisa memberikan petunjuk? O ya, sebelum saya tutup tulisan singkat ini, kabar artikel Iconia Tablet PC Windows 8 itu bagaimana ya? Suka loncat-loncat di halaman pencarian. Hahaha.

Dampak Socmed

Di situs Pasaridea saya menulis tentang: Dampak Social Media Terhadap Kunjungan dan SEO. Dalam artikel itu saya belum menulis tentang bagaimana dampak social media terhadap kunjungan dan SEO.

Sebagai sebuah bentuk promosi penggunaan social media kemungkinan akan menarik minat beberapa teman atau follower di twitter, facebook dan +Google untuk mengklik url yang kita posting di sana. Tapi jika kita harapkan untuk meningkatkan SEO di google, kemungkinan besar agak sukar, karena seperti saya sebutkan dalam artikel tersebut rel=nofollow yang diberlakukan oleh beberapa socmed itu akan menghalangi google untuk menghitung link dari socmed tersebut ke situs kita. Kecuali google tidak konsisten masalah do follow dan no follow ini, maka bisa saja para pengelola berharap ada peningkatan dalam SERP dengan memanfaatkan link-link yang diposting di socmed.

Begitulah cerita singkat tentang dampak socmed terhadap kunjungan dan SEO. O ya, sudahkah anda membaca artikel saya:  Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8 ? Sila ditengok :)

Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8

Dengan menggunakan OS Windows 8 dari Microsoft, Iconia PC tablet  dari Acer menjadi sangat simpel, praktis, menyenangkan, dengan performa komputasi mengagumkan. Acer Iconia PC tablet  windows 8 merupakan inovasi dalam merancang hardware yang dapat memberi pengalaman menggunakan Windows 8  yang lebih optimal pada Tablet PC.





Acer Iconia PC tablet, PC dengan OS Windows 8 memberikan tampilan layar HD serta performa yang keren. Acer Iconia W510, Tablet PC dengan Windows 8 memanjakan para user dengan feature dan hassle-free. Acer Iconia W510 menyatukan fungsi tablet PC dan mini notebook dalam satu device.  Iconia PC tablet  dari Acer memberikan kompatibilitas antara PC dan tablet.
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 memungkinkan para user untuk menggunakan UI “klasik” yang bisa ditemukan di Windows 7. Walaupun   Iconia PC tablet  dari Acer  menggunakan Windows 8 untuk PC, Iconia W510 tetap  bisa menggunakan software yang umumnya dipakai di Windows 7.  Iconia PC tablet  dari Acer ini jika dipadukan dengan keyboard docking, akan menjelma menjadi sebuah mini notebook PC yang umum dikenal.
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 Tablet mode: Tanpa menggunakan dockingAcer Iconia W510 dengan OS Windows 8 dapat digunakan sebagai sebuah tablet. Ukuran layar 10.1” berkualiatas High Definition membuat Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 tampil elegan dan mudah dioperasikan. Layar berteknologi In-Plane Switching (IPS) dengan resolusi 1366×768 pada Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 memiliki sudut tampilan yang sangat lebar.Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 nyaman digunakan untuk menonton video dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat 

Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 Presentation mode: Jika anda menggunakan keyboard docking, anda dapat mendorong layar hingga posisinya membalik 295 derajat dan meletakkannya di atas meja dengan tuts keyboard menghadap ke meja. Ini adalah posisi ideal saat ingin browsing berlama-lama di atas meja cafĂ© langganan anda.
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 Productivity mode: Posisi normal saat menggunakan keyboard docking Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 Acer Iconia W510 berpenampilan sebagaimana layaknya sebuah mini notebook. Anda dapat  mengetik tulisan panjang dengan tuts keyboard-nya yang cukup besar dan nyaman. Jika anda yang terbiasa dengan penggunaan keyboard fisik pada laptop, keyboard docking memberikan kenyamanan mengetik yang sama. Sebagai penghubung dengan tablet, sebuah engsel berukuran besar dan kokoh tersedia pada keyboard ini. Untuk memasangkan tablet, anda cukup menyelipkannya ke celah pada engsel hingga kunci pengaman terkatup. Untuk membukanya, cukup menggeser sebuah kunci pengaman yang tersedia. Dengan adanya baterai tambahan di dalam keyboard , selain tablet memperoleh pasokan daya ekstra, keseimbang antara bobot, tablet dan keyboard pun terasa lebih nyaman. Sebagai catatan, saat penggunaan tablet ini dengan keyboard dock, daya baterai pada keyboard akan dikonsumsi lebih dahulu. 
Dengan dukungan keyboard docking tersebut, Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 bisa diajak bekerja hingga 18 jam sehingga sangat cocok untuk keperluan short business trip. Dilengkapi dengan output HDMI port, Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 semakin mudah dihubungkan dengan printer, hardisk, televisi, dan sebagainya.
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 berbobot 580 gram memasang prosesor Intel Atom Z2760, memory 2GB DDR3, hardisk 32GB internal storage, dengan grafik Intel Graphics Media Accelerator 3650 yang akan kompatibel dengan seluruh aplikasi Windows. Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 embuat Acer Iconia W510mudah dalam hal transfer file. Kamu dapat memindahkan berbagai macam file via port Micro USB 2.0 yang tersedia ke External Hard Drive atau langsung ke dalam notebook.




Dengan kamera utama 8 Megapixel (autofocus) dan kamera kedua (menghadap ke pengguna) 2,1 Megapixel, Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 menawarkan perpaduan kamera dengan spesifikasi tinggi untuk sebuah tablet. Kedua kamera Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8   ini bisa merekam video hingga resolusi FullHD (1080p). Video conference bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Skype ataupun software video chat/conference lainnya.  Pada Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 cukup ditancapkan sebuah headset, dan video conference pun dapat dilakukan dengan privasi ekstra. Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 menyediakan socket untuk mikrofon (tergabung dengan headset) membuat Acer Iconia W510 menjadi perangkat yang berpotensi menjadi andalan para video blogger. Merekam video sembari menyodorkan mic ke narasumber menjadi hal yang mungkin menggunakan  Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8.    . 
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 dilengkapi dengan fitur Always On, Instant Connect yang akan membuat Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 ini tetap standby dan terhubung dengan koneksi internet seperti perangkat smartphone.
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 adalah tablet yang dapat memenuhi beragam kebutuhan.  Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8  adalah tablet untuk kebutuhan casual browsing dan gaming yang seru. Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 dapat menjadi alat untuk menyelesaikan pekerjaan kantor seperti laporan, presentasi, dan tabel perhitungan keuangan.Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 dapat digunakan sebagai sarana multimedia untuk memutar beragam video berkualitas. Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8  tablet modern sekaligus juga sebagai laptop yang multi fungsi.
Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 sanggup menghadirkan beragam fitur yang sebelumnya tidak dapat diperoleh dari satu perangkat komputasi saja. Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 didukung dengan daya tahan baterai yang sangat baik dan layar dengan tampilan cemerlang.

Menggunakan Iconia PC tablet dengan Windows 8 akan memberikan pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan PC Tablet.



Blog Review SEO Contest Iconia 2012-2013


Wednesday, May 1, 2013

Pemasaran Internet di Indonesia

Pemasaran internet di Indonesia sudah mulai berkembang sejak akhir tahun 1990-an. Hanya saja perkembangan pemasaran internet ini terganggu oleh banyak tindak kejahatan penipuan menggunakan sarana internet, sehingga mengurangi kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian online. Membangun kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian di internet sungguh tidak mudah, terlebih lagi dengan adanya berita-berita yang mengabarkan risiko yang besar saat berbelanja di internet.

Kemudahan berbelanja menggunakan kartu kredit melalui jaringan internet mungkin masih banyak dihindari oleh para konsumen Indonesia. Mereka akan meyakinkan dulu apakah penjual online itu bisa dipercaya. Maka tidak heran jika di Indonesia ada pembelian produk dengan menggunakan istilah "rekber" atau rekening bersama, yang menjadi perantara pembayaran antara penjual dengan pembeli.

Seringkali konsumen mudah tergiur dengan bujuk rayu penipu yang menawarkan produk jauh di bawah harga. Mereka mengatakan bahwa produk yang dijual adalah "black market." Konsumen yang mudah tergiur sebenarnya juga sudah berpikiran "curang", karena sudah mengetahui bahwa produk yang dijual adalah produk yang menghindari pajak. Produk-produk yang berlabel "black market" memang sudah mengindikasikan produk yang tidak jelas kelegalannya, sehingga berharga sangat murah dibandingkan harga pasar pada umumnya. Nah, para penipu memanfaatkan "logika curang" konsumen itu. Saat konsumen sudah dikuasai "logika curang" maka mereka akan juga mengikuti perintah-perintah yang diberikan oleh sang penipu. Konsumen yang mengetahui bahwa produk "black market" diragukan kelegalannya, sebenarnya merasa tidak nyaman saat bertransaksi, namun karena dikuasai keinginan yang besar untuk mendapatkan produk murah, maka mereka sering menutup-nutupi perasaannya. Pada situasi tertentu rasa tidak nyaman saat berbelanja produk "black market" itu juga yang akan dimainkan oleh para penipu.

Dari ilustrasi di atas, maka sebaiknyalah konsumen mewaspadai jika ditawari produk-produk yang sangat tidak masuk akal sehat. Jangan mendahulukan "logika curang" karena hal itu akan dimanfaatkan para penipu yang sangat pintar dan lebih mahir menggunakan "logika curang."

Konsumen Indonesia bisa mencari situs-situs yang terpercaya yang melayani transaksi online. Dan para pelaku bisnis online juga harus mulai membangun reputasi bisnisnya, sehingga dapat dipercaya oleh para konsumen. Bisnis konvensional dan bisnis di internet, sebenarnya sama-sama membutuhkan rasa saling percaya antara penjual dan pembeli. Hubungan baik antara penjual dan pembeli online harus selalu dipelihara, sehingga memberikan nilai yang sangat baik dan membawa manfaat kepada semua pihak yang berkepentingan.

Bisnis online yang dilandasi rasa saling percaya, akan membuat perkembangan pemasaran internet akan semakin maju. Pemasaran internet di Indonesia akan semakin maju jika rasa percaya untuk membeli produk melalui internet terus menguat.

Popular Posts All Time

Popular Posts Last 30 Days

Nanang Suryadi