Friday, April 12, 2013

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Gambar 1
Konsumen Cerdas 
Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen demikian judul artikel ini. Sebelum membahas lebih lanjut tentang "Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen", kita harus mengetahui dahulu siapa yang dimaksud dengan Konsumen Cerdas?

Konsumen Cerdas adalah konsumen  yang  teliti dan cermat dalam memilih barang-barang yang akan dikonsumsi serta mengetahui mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Konsumen cerdas akan teliti sebelum membeli, memperhatikan label, kartu manual garansi dan tanggal kadaluarsa, memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan standar mutu K3L, serta membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan bukan hanya sekedar keinginan. Konsumen cerdas akan turut mempertahankan ketahanan produk nasional dengan cara  meningkatkan tanggung jawab sosial sebagai konsumen, antara lain dengan membeli produk dalam negeri, bijak menjaga bumi, dan pola konsumsi pangan yang sehat.



Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Perlindungan Konsumen yang menjaga hak-hak konsumen akan dipahami oleh Konsumen Cerdas. Pemerintah telah membuat aturan-aturan hukum yang akan memberikan perlindungan kepada konsumen. Namun masih banyak konsumen yang belum memperhatikan aturan-aturan ini, sehingga masih banyak konsumen yang tidak memperjuangkan hak-haknya sebagai konsumen. Maka sebagai konsumen yang cerdas seharusnyalah paham perlindungan konsumen

Dengan konsumen cerdas yang paham akan perlindungan konsumen, maka akan turut membantu pemerintah dalam hal pengawasan dan penegakkan aturan perlindungan konsumen. Pengawan ini perlu dilakukan pemerintah yang tentu saja dibantu oleh para konsumen cerdas yang paham akan perlindungan konsumen. Mengutip blog hkn213.com, dinyatakan bahwa:

Hasil pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kemendag secara keseluruhan selama kurun waktu tahun 2012 telah ditemukan 621 produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan. Jumlah temuan ini meningkat sebesar 28 produk dibandingkan tahun 2011. Dari temuan tersebut 61% merupakan produk impor dan 39% merupakan produksi dalam negeri. Berdasarkan jenis pelanggarannya sebesar 34% produk diduga melanggar persyaratan SNI, 22% diduga melanggar MKG, 43% diduga melanggar ketentuan label dalam Bahasa Indonesia, serta 1% diduga tidak memenuhi ketentuan produk yang diawasi distribusinya. Sedangkan berdasarkan kelompok produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan, sebanyak 39% merupakan produk elektronika dan alat listrik, 20% produk alat rumah tangga, 13% produk suku cadang kendaraan, serta sisanya adalah produk bahan bangunan, produk makanan minuman dan Tekstil dan Produk Tekstil (TPT).
Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Gambar 2
Ministri of Trade

Pada Gambar 3 dapat dilihat produk-produk yang tidak memenuhi persyaratan SNI yang ditemukan dalam pengawasan yang dilakukan oleh Kemendag. Sebagai konsumen cerdas, anda akan cermat dan teliti memilih produk-produk yang berkualitas, yang di Indonesia harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Jika anda menemukan produk-produk yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia, sebaiknya tidak melakukan pembelian atas produk-produk tersebut.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Gambar 3
Produk Tidak Memenuhi Persyaratan SNI

Produk pertanian dalam negeri berupa buah-buahan dan sayur mayur (Gambar 4) yang berkualitas harus menjadi perhatian konsumen cerdas yang paham perlindungan konsumen. Buah dan sayur berkualitas hasil pertanian para petani Indonesia bisa anda temukan baik di pasar tradisional dan pasar modern. Dengan membeli produk-produk pertanian dalam negeri, kita turut membangun ketahanan pangan nasional. Selain itu, para pelaku di bidang pertanian pun semestinya mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam meningkatkan kualitas hasil pertaniannya sehingga tidak merugikan para konsumen. Di sisi lain, konsumen cerdas juga harus paham perlindungan konsumen yang menjadi hak dan kewajibannya.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Gambar 4Buah dan Sayuran

Saat melakukan pembelian, para konsumen cerdas juga akan melakukan cermat dan seksama mengamati timbangan. Kadang-kadang memang ada pedagang yang bertindak curang dengan menggunakan timbangan yang tidak standar. Jika konsumen cerdas, maka akan paham dengan perlindungan konsumen, termasuk terlindungi dari timbangan-timbangan yang meragukan. Sebagai ilustrasi dapat dilihat dalam Gambar 5, sebagai Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen akan memperhatikan timbangan seperti dalam gambar tersebut.


Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Gambar 5Konsumen Cerdas  Cermat Menimbang

Demikianlah artikel singkat tentang KONSUMEN CERDAS PAHAM PERLINDUNGAN KONSUMEN. Semoga artikel ini bermanfaat menggugah kita menjadi konsumen yang cerdas, yang paham perlindungan konsumen, cermat dan teliti dalam membeli serta mengetahui hak dan kewajiban konsumen yang baik.

Artikel informasi tentang Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen bisa dibaca di:
 http://ditjenspk.kemendag.go.id/



Post a Comment

Popular Posts All Time

Popular Posts Last 30 Days